Senin, 02 Juli 2012

Tekno2020

mungkin kata ini sudah tidak asing lagi terdengar di kehidupan kita yaitu teknologi.setiap apapun dari kehidupan menusia sudah sangat tergantung dengan teknologi.di mulai dari yang sederhana sampai yang komplekspun telah bergantung adanya teknologi.Pernahkah Anda membayangkan bagaimana teknologi telekomunikasi beberapa tahun ke depan? Teknologi telekomunikasi mengalami kemajuan yang sangat pesat beberapa tahun terakhir ini, dan akan semakin melesat perkembangannya. Industri-industri telekomunikasi saling berlomba untuk menciptakan alat atau aplikasi canggih.tentu saja hal itu untuk memudahkan kehidupan manusia,dengan teknologi membuat pekerjaan semakin lebih cepat. saat ini kita sudah terbiasa dengan kehidupan yang serba instan dan mudah.contoh pada saat AC tidak berfungsi maka otomatis kita berteriak karena kepanasan.hal ini kita benar-benar telah bergantung pada teknologi.belum lagi kita membahas kehidupan yang lebih luas.
Kacamata Canggih Google atau kacamata pintar Google Projrct Glass
saya ingin membahas tentang  teknologi seperti apa yang akan muncul di masa depan,,seperti kita lihat saat ini banyak sekali para pelajar bahkan orang biasa mampu menciptakan teknologi.para pelajar yang mampu menciptakan robot dengan berbagai kemampuan,kendaraan yang di rancang hemat bahan bakar dan ramah lingkungan dsb. saat ini saja saya sudah terheran-heran dengan teknologi yang ada.bahkan saya pernah membaca di situs sebelah tentang adanya kacamata pintar yang dapat menangkap dan menyebarkan informasi berupa suara,gambar,pencarian online,email,chat,navigasi maupun yang lain
Majalah New Scientist telah meramalkan 10 produk masa depan.jangan kaget,kelak hadir kamera tembus pandang balik tembok,mantel penyirna tubuh ala harry potter,peralatan memanjat ala spiderman dll. Ada yang berpendapat bahwa itu terlalu berlebihan,tapi liat kilas balik ke-33 tahun yang lalu pada tahun 1979 perusahaan jepang berhasil mengembangkan HP internet pertama di seluruh dunia,banyak yang masih mengira itu hal mustahil tapi sekarang HP menjadi bawaan wajib.dan seiring dengan perkembangan impian itu  dapat menjadi kenyataan.Ada beberapa tenologi yang telah di kembangkan pada saat ini:
1. Invisible Car. Adalah mercedes yang baru-baru ini “show-off” kendaraan invisible nya di youtube. Mereka mengatakan, produk nya tidak akan dikomersilkan setidaknya sampai dengan tahun 2014.
2. Space Elevator. Adalah negara jagoan robot dunia, jepang, yang sedang giat-giat nya mengembangkan sebuah elevator ruang angkasa. Mereka mengembangkan elevator dengan kabin berkapasitas 30 orang, yang akan membawa manusia dari bumi menuju stasiun luar angkasa dalam waktu delapan hari.
3. Driverless Car. Adalah google si raja search engine yang mengantongi lisensi/paten mobil tanpa pengemudi. Teknologi-teknologi pendukung mobil tanpa pengemudi sudah ada seperti GPS, line departure warning systems dan self-parking feature. Tinggal menunggu waktu saja untuk mewujudkan driverless car tersebut.
4. Flying Cars. Ketika membicarakan masa depan, pasti akan selalu ada tentang mobil yang bisa terbang. Dan ternyata dalam waktu dekat memang hal tersebut akan benar-benar terjadi. Adalah perusahaan yang bernama “terrafugia” yang akan memamerkan mobil terbang mereka pada “New York Autoshow 2012″
5. Mind Reading. Adalah IBM, raksasa komputer dunia, yang menjanjikan dalam lima tahun kedepan mereka akan memiliki komputer yang mampu berinteraksi dengan manusia melalui fikiran. Manusia akan memakai headset yang dapat membaca gelombang fikiran dari otak yang kemudian mengirimkannya pada komputer.
Apakah kita manusia siap menghadapi teknologi yang akan terus berkembang? kita sekarang saja sudah cukup kerepotaan memakai teknologi gadget seperti laptop bahkan handphone.jujur kalau saya tidak kuat untuk itu,tapi akan berusaha mengimbangi teknologi yang ada pada saat ini dan yang akan muncul berikutnya.saya juga kadang berfikir apa robot di film i robot bakal jadi kenyataan??robot yang membuat segala pekerjaan menjadi lebih gampang dan praktis.tapi apa manusia hanya bisa bersantai dengan semua di tanggung oleh robot?. “Apakah itu akan terjadi?” Hal ini jelas menghilangkan “ensensi dari sebuah kehidupan” manusia.manusia akan melupakan tugas-tugasnya,dan akan sangat membosankan hidup ini.lalu untuk apa kita hidup? lalu Bagaimana kalau yang terjadi itu film tansformers?apa tidak malah pusing? saya terima saja teknologi apa yang akan datang pada kita di masa depan.
Teknologi memang bertujuan meningkatkan kemudahan hidup.akan tetapi bukan untuk berubah kepada kemudahan yang terbelenggu oleh ketidak produktifan yang menjerumuskan.teknologi juga dapat meningkatkan taraf dan kualitas peradaban manusia ke tingkat yang lebih baik.maka untuk semua itu harus di ikuti dengan landasan pemikiran yang kuat agar tidak merugikan manusia itu sendiri. kita juga harus banyak belajar mulai sekarang tentang teknologi masa kini agar tidak ketinggalan atau di sebut “gaptek” tapi jangan memaksa untuk selalu bisa karena manusia mempunyai batasan untuk itu.

0 komentar:

Posting Komentar